Thursday, October 19, 2006

Symbian???

tadi malem karena lagi males coding untuk progsis..
jadi ya gua baca-baca buku aja sekalian cari2x bahan untuk TA
kebetulan kemaren baru donlot ebook dari ftp ebook baru punya arc.

judul bukunya Symbian for Software Leaders dari om David Wood

isinya tentang pengenalan dan overview dari OS Symbian..
ada juga sih yang rada teknisnya..
tapi belum gua sentuh..
soalnya rada berat and sebelum baca itu pengen tau overview dari symbiannya dulu..

eh buat yang belon tau..
symbian itu adalah sebuah Sistem Operasi yang jalan diatas sebuah smartphone..
sampai saat ini OS ini udah ampe seri 9. tapi yang biasanya dipake adalah seri 7.0, seri ini adalah seri yang dipake di nokia S60 kayak 6600 ato yang seri 6 kayak yang di n-gage.

C++ adalah bahasa utama yang biasanya dipake untuk develop software ini....
makannya banyak orang males develop di OS symbian..
lagian katanya banyak istilah2x aneh di symbian ini..
makannya kebanyakan mahasiswa lebih milih develop aplikasi di hp pake J2ME..
hal ini keliatan kok di lomba2x yang pernah gua ikutin..
kebanyakan peserta biasanya pake J2ME..
kalo gak ya pake Windows Mobile...
soalnya seperti yang umum diketahui kalo C/c++ itu termasuk salah satu bahasa tingkat tinggi yang susah dipelajari...
padahal kalo gua liat2x ternyata symbian ini powerfull banget loh...
dia bahkan bisa akses kekuatan batere si hp dan bahkan bisa akses sms yang tersimpan di hp,malah bisa ampe biin virus segala loh..makannya ampe muncul aplikasi anti virus buat Symbian.

kalo berdasarkan buku yang gua baca, gak heran kalo Symbian ini powerfull. Soalnya :
1. dia ditulis oleh sekitar 10 juta line source code...dasyat gak?
CMap gua aja yang dapet juara 3 kemaren cuma sekitar 2000 baris kode...

2. di kantornya katanya ada sekitar 1000 orang pegawai...
mungkin lebih banyak dari penghuni labtek 5...
3. biaya yang dah diabisin sekitar 1 1/4 juta UK Pounds..

dasyat.....

eh tapi gua bilang lebih powerfull karena pembandingnya j2me yak..
soalnya j2me ada sandboxnya jadi susah untuk akses2x isi hp..
kalo mo bandingin ama windows mobile rada susah soalnya gua gak punya PDA euy..
he..he..
oke segitu aja info tentang symbiannya...
mungkin dalam liburan ke depan gua bisa ngisi waktu dengan maen-maen symbian..
sapa tau bisa bikin killer application

ha..ha..
ntar kalo skill gua dalam symbian dah nambah gua bakalan post lagi di sini..

1 comment:

Anonymous said...

buku untuk pemula yang bahasa indonesia ada gak ya mas? aku kalo pake ebook, puyeng, mikirnya 2 kali, mikir terjemahan ama mikir penjelasan teknisnya.